Posted by : Hadxp Sabtu, 12 Maret 2016

1.       Menghilangnya keanekaragaman hayati di suatu wilayah dapat disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini.

1.      Hilangnya Habitat
Daftar Merah IUCN (International Union For Conservation of Nature) menunjukkan bahwa hilangnya habitat yang di akibatkan manajemen pertaninan dan hutan yang tidak berkelanjutan menjadi penyebab terbesar hilangnya keanekaragam hayati. Bertambahnya jumlah penduduk menyebabkan semakin bertambah pula kebutuhan yang harus dipenuhi. Lahan yang tersedia untuk kehidupan tumbuhan dan hewan semakin sempit karena digunakan untuk tempat tinggal penduduk, dibabat untuk digunakan sebagai lahan pertanian atau dijadikan lahan industri.

2.      Pencemaran Tanah, Udara, dan Air
Zat pencemar (polutan) adalah produk buangan yang dihasilkan dari aktivitas manusia. Polutan tersebut dapat mencemari air, tanah, dan udara. Beberapa polutan berbahaya bagi organisme. Nitrogen dan sulfur oksida yang dihasilkan dari kendaraan bermotor jika bereaksi dengan air akan membentuk hujan asam yang merusak ekosistem. Penggunaan chlorofluorocarbon (CFC) yang berlebihan menyebabkan lapisan ozon di atmosfer berlubang. Akibatnya intensitas sinar ultraviolet yang masuk ke bumi meningkat dan menyebabkan banyak masalah, antara lain berkurangnya biomassa fitoplankton di lautan yang menyebabkan terganggunya keseimbangan rantai makanan organisme.

3.      Perubahan Iklim
Salah satu penyebab perubahan iklim adalah pencemaran udara oleh gas kerbon dioksida (CO2) yang menimbulkan efek rumah kaca. Menurut Raven (1955), efek rumah kaca meningkatkan suhu udara 1-3 C dalam kurun waktu 100 tahun. Kenaikan suhu tersebut menyebabkan pencairan es di kutub dan kenaikan permukaan air laut sekitar 1-2 m yang berakibat terjadinya perubahan struktur dan fungsi ekosistem lautan.

4.      Eksploitasi Tanaman dan Hewan
Eksploitasi hewan dan tumbuhan secara besar-besaran biasanya dilakukan terhadap komoditas yang memiliki nilai ekonomi tinggi, misalnya kayu hutan yang digunakan untuk bahan bangunan dan ikan tuna sirip kuning yang harganya mahal dan banyak diminati oleh pecinta makanan laut. Eksploitasi yang berlebihan dapat menyebabkan kepunahan spesies-spesies tertentu, apalagi bila tidak diimbangi dengan usaha pengembangbiakannya.


5.      Adanya Spesies Pendatang
Masuknya spesies dari luar ke suatu daerah sering kali mendesak spesies lokal yang sebenarnya merupakan spesies penting dan langka di daerah tersebut. Beberapa spesies asing tersebut dapat menjadi spesies invasi yang menguasai ekosistem. Contohnya ikan pelangi (Melanotaenia ayamaruensis) merupakan spesies endemik danau ayamaru, Papua Barat. Ikan pelangi terancam punah karena dimangsa oleh ikan mas (Cyprinus Carpio) yang di bawa dari Jepang dan menjadi spesies invasi di danau tersebut.

6.      Industrialisasi Pertanian dan Hutan
Para petani cenderung menanam tumbuhan atau memelihara hewan yang bersifat unggul dan menguntungkan sedangkan tumbuhan dan hewan yang kurang unggul dan kurang menguntungkan akan disingkirkan. Selain itu, suatu lahan pertanian atau hutan industri umumnya hanya ditanami satu jenis tanaman (monokultur), misalnya teh, karet, dan kopi. Hal ini dapat menurunkan keanekaragaman hayati tingkat spesies.

Kesimpulan
·         Menghilangnya keanekaragaman hayati di suatu wilayah dapat disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu hilangnya habitat, pencemaran tanah, udara, dan air, pencemaran iklim, eksploitasi tanaman dan hewan secara berlebihan, adanya spesies pendatang, dan faktor industrialisasi pertanian dan hutan.

2.      Manfaat keanekaragam Hayati di Indonesia

Dengan memiliki keanekaragam hayati yang tinggi tentu kita bisa mendapatkan manfaat yang banyak. Manfaat keanekaragaman hayati di Indonesia adalah sebagai berikut:

a.      Sebagai Sumber Sandang Pangan dan Papan
Dengan keanekaragaman hayati yang kita miliki kita bisa memanfaatkannya untuk memenuhi keperluan kehidupan kita. Masyarakat bisa mengambil kayu untuk membuat rumah, memanfaatkan daun untuk atap, mengambil tanah untuk di olah menjadi genting dan lain sebagainya. Keanekaragaman hayati juga memungkinkan kita memenuhi kebutuhan dasar berupa makanan. Padi untuk menghasilkan beras, pohon aren menghasilkan sagu, ikan di lautan sumber protein bagi masyarakat.

b.      Sebagai Sumber Devisa
Negara banyak mendapatkan penghasilan berupa devisa. Devisa ini digunakan untuk pembangunan dan kesejahteraan rakyat. Aneka tambang dan aneka hasil alam berupa produk dari laut dan hutan memberi pendapatan yang besar bagi pemerintah.

c.       Sumber Obat-obatan
Keanekaragaman hayati di Indonesia sungguh menakjubkan. berbagai jenis tanaman obat bisa kita temui. Hutan masih banyak dan lebat. Hutan-hutan itu menyimpan berbagai jenis tanaman yang belum di teliti. Kita masih bisa menemukan jenis tanaman yang bisa di gunakan sebagai obat. Pembudidayaan tanaman obat saat ini juga gencar dilakukan.
Indonesia memiliki sekitar 30.000 spesies tumbuhan, 940 spesies diantaranya merupakan tanaman obat dan sekitar 250 spesies tanaman obat tersebut digunakan dalam industri obat herbal lokal.

Berikut ini beberapa tanaman obat beserta kegunaannya.
·         Buah merah (pandanus conoideus) dimanfaatkan sebagai obat untuk mengobati kanker (tumor), kolesterol tinggi, dan diabetes.
·         Mengkudu atau pace (Morinda citrifolia) untuk menurunkan tekanan darah tinggi.
·         Kina (Cinchona calisaya, Cinchona officinalis), kulitnya mengandung alkaloid kina (quinine) untuk obat malaria.

Selain tumbuh-tumbuhan, beberapa jenis hewan juga dapat di manfaatkan sebagai obat-obatan, antara lain sebagai berikut.
·         Madu dari lebah dimanfaatkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

·         Ular, bagian daging dan lemaknya dipercaya dapat mengobati penyakit kulit (gatal-gatal).

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. YouTube VR games on the rise, plus the best VR games
    We have tried out a few VR games for the HTC Vive and Oculus Quest, as well as youtube mp4 a few others like The Climb 2 and Gunstar Heroes.

    BalasHapus

Silahkan komentar~~ kritik dan saran sangat dibutuhkan ^O^)/~~

Mengenai Saya

Foto saya
Hadxp, 19 tahun, hobi gambar dan bermain game. Kunjungi Instagram.com/hadx_p untuk melihat gambar-gambarku atau https://www.pixiv.net/member.php?id=19729643 Seorang Drafter AutoCAD di sebuah perusahaan

Visitor

Copyright © 2018 Hadxp Blog - Powered by Blogger